Sabtu, 11 April 2015

Semut Hitam Bersayap

   Di bulan-bulan terakhir mendekati musim penghujan seperti ini, bibitkroto yang dibudidayakan akan bertelur dalam jumlah yang lebih banyak dari musim kemarau, akan tetapi dari beberapa telur yang dihasilkan oleh semut rang-rang akan berubah menjadi semut hitam bersayap dan sebagian juga akan menetas menjadi calon ratu jika tidak dipanen. Bagi anda yang tidak sempat memanen kroto yang sudah dihasilkan, juga kroto sudah terlanjur menetas dan menjadi semut hitam bersayap anda tidak usah gundah gulana, semua ini bisa diatasi dengan mudah. Semut hitam bersayap ini biasanya berukuran normal seukuran semut lainnya.
    Semut hitam bersayap adalah semut jantan yang masa hidupnya singkat, setelah mengawini ratu maka semut ini akan mati dengan sendirinya. Selain mempunyai tugas utama mengawini ratu semut, semut ini juga bertugas mensurvei lokasi baru yang akan digunakan menjadi tempat bersarang bagi koloni semut lainnya, hanya saja semut jantan ini tidak bisa mencari makan sendiri, makanan sepenuhnya di suplai dari semut pekerja dan semut betina perawat.
     Sedangkan cirri-ciri dari calon ratu atau biasa dikenal dengan moreng tubuhnya lebih besar dan berwarna hijau mempunyai sayap dipunggungnya, masih menunggu seleksi dari para koloni semut untuk menjadi ratu, jika kedua sayap telah patah maka dia telah terpilih seleksi pengangkatan ratu. Sang ratu baru lah yang nantinya akan dilindungi dengan sepenuh hati oleh para koloni semut dengan cara mengerubuti tubuh sang ratu, hal ini bertujuan agar sang ratu terlindung dari bahaya diluar koloni.